Selasa, 07 Agustus 2012

Tahap Perkembangan Bahasa Anak


Tahap Perkembangan Bahasa
Menurut buku Bidang Pengembangan Kemampuan (Elin Rusoni, 24:2006 ) Tahap perkembangan anak bahasa anak dibagi ke dalam dua bagian, yaitu tahap pralinguistik dan tahap linguistik.
1)      Tahap Pralinguistik
Tahap pralinguistik merupakan tahap perkembangan bahasa anak yang dialami oleh anak yang berusia 0-1 tahun. Tahap pralinguistik dibagi lagi ke dalam dua tahapan, yaitu:

a)         Tahap Meraba Pertama
Tahap meraba pertama dialami oleh anak usia 0-6 bulan. Pembagian kelompok ini bersifat umum dan tidak berlaku persis pada setiap anak. Bayi usia 0-1 bulan sudah dapat mengetahui asal suara. Usia 1-2 bulan mereka sudah dapat membedakan suku kata, mereka bisa merespon secara berbeda terhadap kualitas emosional suara manusia misalnya, mereka akan tersenyum jika mendengar suara yang ramah atau sebaliknya mereka akan menangis jika mendengar suara dengan nada marah. Pada usia 3-4 bulan bayi dapat membedakan suara laki – laki dan perempuan. Dan pada usia 6 bulan bayi mulai memperhatikan intonasi dan ritme dalam ucapan. Pada tahap ini anak dapat berkomunikasi meskipun hanya dengan cara menoleh, menangis dan tersenyum.
b)        Tahap Meraba Kedua 
Pada tahap ini anak mulai aktif. Dialami oleh anak usia 6 bulan samapi satu tahun. Secara fisik ia sudah mulai melakukan gerakan – gerakan. Cara berkomunikasi pada tahapan ini lebih bervariatif, yaitu tidak hanya menoleh, tersenyum dan menangis saja tapi ditambah dengan memegang, mengangkat atau menunjuk.


2)      Tahap Linguistik
Tahap linguistik adalah tahap perkembangan bahasa anak usia 1-5 tahun. Pada tahapan ini anak mulai bisa mengucapkan bahasa seperti bahasa orang dewasa. Tahap linguistik terbagi lagi ke dalam 4 tahapan, yakni:
a)      Tahapan Holofrastik
Pada tahap ini anak sudah mulai mengucapkan suatu kata. Pada periode ini disebut holofrase, karena anak – anak menyatakan makna keseluruhan frase atau kalimat dalam suatu kata yang diucapkannya itu.
b)     Ucapan Dua Kata
Tahap ini memasuki tahap pertama kali mengucapkan dua holofrase dalam rangkaian yang cepat. Komunikasi yang ingin ia sampaikan adalah bertanya dan meminta.
c)       Pengembangan Tata Bahasa
Perkembangan anak pada tahap ini makin luar biasa. Perkembangan ini ditandai dengan penggunaan kalimat dengan lebih dari dua kata. Tahap ini umumnya dialami oleh anak usia sekita 2 sampai 5 tahun.
d)     Tata Bahasa Menjelang Dewasa
Tahap perkembangan bahasa anak yang keempat ini biasanya dialami oleh anak yang sudah berumur antara 5 – 10 tahun. Pada tahap ini anak – anak sudah mulai menerapkan struktur tata bahasa yang rumit dan sudah mampu menyusun kalimat yang lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar